Postingan

Menampilkan postingan dari November 11, 2012
BAB I PENDAHULUAN Rangkaian akhir dari suatu proses kependidikan islam adalah aevaluasi atau penilaian. Berhasil atau tidaknya pendidikan islam dalam mencapai tujuanya dapat dilihat setelah dilakukan evaluasi terhadap out put yang dihasilkanya. Jika hasilya sesuai dengan apa yang telah  gariskan dalam tujuan pendidikan islam, maka usaha pendidikan itu dapat dinilai berhasil. Tetapi jika sebaliknya, ia dinilai gagal. Dari sisi ini dapat di pahami betapa urgenya evaluasi dalam proses kependidikan islam.  Berdasarka uraian di atas, maka secara sederhana evaluasi pendidikan islam dapat diberi batasan sebagai suatu kegiatan untuk menentukan taraf kemajuan suatu pekerjaan dalam proses pendidikan islam. [1] Dalam ruang lingkup terbatas, evaluasi dilakukan adalah dalam rangka mengetahui tingkat keberhasilan pendidik dalam menyampaikan materi pendidikan islam (dengan seluruh komponen yang terlibat di dalamnya) dalam mencapai tujuan pendidikan yang di cita-citakan. Secara umum ada emp